Senin, 05 November 2012

Tugas Visual Basic 3



Nama   : Dwi Susanti
Kelas   : TI 11C
NIM    : 11.11.2495

Kali ini saya akan mempostingkan tugas Visual Basic ketiga nih...
Tugas kali ini saya akan mempraktekkan caranya menonaktifkan Isian dan Button seperti gambar dibawah ini.




Gambar diatas terdiri dari :

Jenis Objek
Text
Nama
Back
color
Font
color
Font
Form1
&If dan Case
Form1
gray
-
-
Label1
Kode Barang
Label1
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label2
Nama Barang
Label2
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label3
Harga Barang
Label3
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label4
Jumlah Barang
Label4
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label5
Total Harga
Label5
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label6
Cara Beli
Label6
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label7
Diskon
Label7
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label8
Total Bayar
Label8
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Label9
Toko Gray
Label9
white
red
Matura MT Script Capitals; 18pt; style=Bold
ComboBox1
-
Kode
-
-
-
TextBox1
-
Namabarang
-
-
-
TextBox2
-
Harga
-
-
-
TextBox3
-
Jumlah
-
-
-
TextBox4
-
Total
-
-
-
TextBox5
-
Diskon
-
-
-
TextBox6
-
Bayar
-
-
-
Button1
Isi Data
Button1
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Button2
Hapus
Hapus
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
Button3
Tutup
Tutup
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
RadioButton1
Tunai
Tunai
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
RadioButton2
Kredit
kredit
white
red
Microsoft Sans Serif; 9pt; style=Bold
  • Agar tampilan utama saat form d jalankan semua isian dan tombol hapus tidak aktif, bisa isikan di dalam kode program form 1 seperti ini :


Code program yang di beri tanda merah di atas adalah kode program untuk menonaktifkan tombol hapus, TextBox, ComboBox, dan RadioButton.

Berikut ini tampilan saat windows di jalankan :


·   Untuk yang kedua, saat tombol Isi Data maka tombol Isi data, Isian Nama Barang, Isian Harga Barang, Total Harga, Diskon, Total Bayar tidak aktif.

Berikut ini kode programnya :


Kode Barang, Jumlah Barang, Kredit, Tunai, Hapus enable = True, berarti isian Kode Barang, Jumlah Barang, Kredit, Tunai, Hapus aktif dan yang lain tidak aktif.

Namun dalam al ini tombol Tutup masih akif karena di awal tombol Tutup masih aktif dan dalam kode program pun tidak ada perintah tutup.Enable = False, bisa di lihat dalam gambar dibawah ini :


  •         Yang ketiga, ketika tombol hapus di tekan maka tampilan program sama sepeperti ketikan program pertama kali di jalankan. Kode programpun sama seperti pada event_from_load, maka event_click untuk tombol hapus seperti dibawah ini :



Tampilan yangmuncul seperti dibawah ini :

Pada tampilan ini pun isian dan tombol hapus tidak aktif.


MEMBUAT GAME PUZZLE SEDERHANA..


  •         Pertama membuat tampilan puzzle :


Tampilan diatas terdiri atas :
Jenis Objek
Text
Nama
Back color
Font color
Font
      Form1
Puzzle
puzzle
Gray
-
-
      Button1
1
Satu
white
blue
   Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button2
2
Dua
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button3
3
Tiga
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button4
4
Empat
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button5
5
Lima
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button6
6
Enam
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button7
7
Tujuh
white
blue
     Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button8
8
Delapan
white
blue
      Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button9
-
Kosong
white
blue
      Wide Latin; 26.25pt; style=Bold
      Button10
Berhenti
Button10
white
blue
       Kristen ITC; 14.25pt; style=Bold, Italic
      Button11
Keluar
Button11
white
blue
      Kristen ITC; 14.25pt; style=Bold, Italic
      Label1
PUZZLE GRAY
Label1
-
blue
    Jokerman; 20.25pt; style=Bold, Italic


  • Pada saat Puzzle di jalankan maka Puzzle akan mengacak angka yang ada pada Button.
·         Event untuk Form_Load :




Kode program di atas mempunyai perintah saat program di jalankan maka angka akan acak.
Berikut ini tampilan saat program di jalankan :

  •            Mendeklarasikan variabel dan membuat event acak.

Pendeklarasian variable seperti tanda berwarna merah, Variabel "Jalan" digunakan sebagai alat bantu agar seperti sakelar On/Off pada sebuah button nantinya. Variabel "sementar" akan digunakan sebagai variabel penampung nilai yang sifatnya sementara pada saat pemindahan nilai array yang akan untuk input text.
Array "Angka" satu dimensi dengan tipe data String, dan elemennya harus diinisialisasi seperti gambar di atas.
Untuk event acak seperti tanda berwarna hitam, Prinsip kerja dari Code tersebut  adalah menggeser nilai array kemudian nilai tersebut diinputkan ke text properties masing-masing button, hingga pengatur waktu "Timer_1" berhenti.

·         Membuat event untuk Button berhenti dan acak.


Code di atas memiliki maksud jika button di-click maka pengatur waktu akan aktif karena variabel Jalan = True kemudian Jalan diberi nilai Fals kembali dengan code: Jalan = not Jalan .

·         Selanjutnya membuat event untuk tombol yang terletak di dekat tombol kosong maka akan berpindah dan menempati tombol kosong tersebut.

Berikut ini event untuk tombol 1-8 dan tombol kosong :





Dibawah End If pada event 1-8 dan event kosong terdapat perintah pesan (), perintah tersebut berfungsi untuk menampilkan pesan Yeeeechhh.... Selamat Anda Berhasil.
Dan berikut ini even untuk pesan :


Ketika game puzzle ini selesai atau angka tlah urut maka akan muncul pesan seperti di bawah ini :


  •         Untuk tombol keluar bisa dengan kode program seperti ini :





Cukup sekian postingan saya, maaf bila masih banyak kekurangannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar